PEMUDA

A. LATAR BELAKANG
Pemuda adalah individu yang jika dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya. Pemuda dapat juga diartikan sebagai individu dengan karakter yang dinamis, bahkan bergejolak dan optimis, namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil. Pemuda menghadapi masa perubahan sosial maupun kultural.

Menurut WHO, pemuda adalah seseorang yang berusia 10 sampai 24 tahun (young  people), sedangkan untuk usia 10 sampai 19 tahun  disebut “adolescenea” yang artinya remaja. Menurut draft RUU kepemudaan, pemuda adalah mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun.

Seorang pemuda seharusnya memiliki semangat untuk berubah dan kemampuan untuk melakukan perubahan. Karena pembangunan suatu bangsa harus didasarkan oleh pemudanya. Disamping itu, dalam segi usia para pemuda, masa-masa pemuda merupakan masa-masa yang produktif, mereka banyak mengeluarkan karya-karya mereka, mengeluarkan aspirasi mereka, dan kekreatifan mereka. Maka dari itu, peranan pemuda sebagai penggerak dalam pembangunan bangsa Indonesia sangatlah diharapkan dapat membentuk suatu organisasi yang tentunya harus positif dan dapat memainkan peran yang lebih besar.


B. PEMBAHASAN
1. Tokoh Pemuda Inspiratif
Salah satu tokoh pemuda yang inspiratif di Indonesia menurut saya adalah...
Related image
a. Biografi Tokoh
Muhammad Iman Usman lahir di Padang tanggal 21 Desember 1991. Sejak kecil ia telah menunjukkan minat dan ketertarikannya pada dunia kerelawanan dan pengembangan masyarakat. Ia memulai aktivitas sosialnya pada usia sepuluh tahun. Sejak kecil ia mendapati kenyataan bahwa banyak anak-anak mampu namun tak begitu peduli terhadap buku pelajaran. Sementara banyak anak yang tak mampu, namun sangat membutuhkan buku. Jiwa sosialnya terasah dengan melihat sekitar. Saat usia 10 tahun, Iman lantas meletakkan rak buku di teras rumahnya, agar setiap anak bisa membaca. Dia juga menerima sumbangan kawan-kawannya, untuk dibaca anak-anak lainnya. Sejak saat itu pula, Iman telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi khususnya dalam aktivitasnya mempromosikan dan memperjuangkan hak-hak anak dan dialog antarbudaya.

Pada tahun 2008, saat masih duduk di bangku SMA, Iman menerima penghargaan Pemimpin Muda Indonesia 2008 dari Presiden RI dan United Nations Youth Assembly Recognition on Humanitarian Development 2011 di New York, serta Mondialogo Junior Ambassador for Intercultural Dialogue oleh DAIMLER dan UNESCO. Iman lulus dari SMA Negeri 1 Padang sebagai peraih nilai UN tertinggi di bidang IPS di kota Padang dan meraih penghargaan Siswa Berprestasi Utama Provinsi Sumatera Barat tahun 2008.

Setamat SMA di Padang, Iman melanjutkan pendidikannya ke FISIP Universitas Indonesia jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Selama masa kuliahnya, Iman dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dan sangat berprestasi. Sejumlah penghargaan di bidang akademis dan non-akademis berhasil ia raih, termasuk penghargaan Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2012, dan pada bulan Juli pada tahun yang sama ia juga menyabet gelar Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional setelah mengalahkan mahasiswa berprestasi lainnya dari seluruh universitas di Indonesia.

Tahun 2009, Iman bersama 6 pemuda Indonesia lainnya mendirikan Indonesian Future Leaders, sebuah organisasi pemuda yang bergerak di bidang pemberdayaan pemuda untuk perubahan sosial. Iman juga mendrikan Parlemen Muda Indonesia, wadah pendidikan parlementer dan politik bagi anak muda di Indonesia. Lewat kedua organisasi ini, Iman mulai dikenal namanya di dalam negeri maupun kancah internasional. Pada tahun 2009, Iman terpilih sebagai salah satu dari 10 anak di dunia penerima penghargaan World Youth Achiever Recognition oleh Friendship Ambassador Foundation Amerika Serikat dan terpilih sebagai Penasehat Remaja United Nations Population Fund Indonesia. Prestasi Iman lainnya pada tahun 2010 adalah terpilih sebagai Duta Muda ASEAN dan mewakili Indonesia untuk G-20 My Summit di Toronto, Kanada. Dalam kesempatan itu, ia berpidato di hadapan Youth Assembly PBB. Pada tahun yang sama, Iman juga memperoleh penghargaan Ashoka Young Changemaker dan British Council Global Changemaker untuk aktivitas kepemudaannya. Selain aktif berorganisasi, Iman kala itu juga aktif di dunia maya. Ia terpilih sebagai penerima penghargaan Microsoft Bloggership 2011, yaitu penghargaan yang diberikan oleh Microsoft setiap tahunnya bagi blogger muda yang berpikiran maju dan terbuka, serta peduli pada isu-isu edukasi serta pemanfaatan teknologi bagi peningkatan kualitas SDM dan pemberdayaan masyarakat.

Prestasi Iman lainnya adalah terpilih sebagai salah satu penerima ASEAN Youth Award di Singapura pada tahun 2011, Global Teen Leader Award di New York pada tahun 2011, dan nominasi Kick Andy Heroes pada tahun 2011. Tidak berhenti di situ, usai menamatkan gelar sarjananya dari Universitas Indonesia, Iman melanjutkan studi pascasarjana di Columbia University, di New York, Amerika Serikat, dengan beasiswa penuh sebagai Riady Scholar. Iman menamatkan studinya hanya dalam waktu 1 tahun dan lulus dengan IPK, 3.90. Selama studinya di Amerika, Iman juga aktif bekerja sebagai Perwakilan Amerika Serikat untuk Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) Internasional.

Usai studinya di Amerika, Iman kembali ke Indonesia mendirikan Ruangguru.com bersama sahabatnya, Adamas Belva Devera. Ruangguru.com adalah sebuah perusahaan digital yang bergerak di bidang pendidikan dan teknologi. Perusahaan tersebut mengembangkan learning management system yang ditujukan bagi pelajar SD, SMP dan SMA di Indonesia. Di luar itu, platform ini juga menyediakan akses terhadap bank soal, video pembelajaran, maupun layanan pencarian dan pemesanan guru privat. Iman bekerja sebagai Direktur Utama (Chief Executive Officer) hingga Juni 2016 dan kemudian menjadi Direktur Produk (Chief Product Officer) hingga saat ini.

b. Pendidikan
  • SMA Negeri 1 Padang (2006-2009)
  • FISIP Universitas Indonesia jurusan Ilmu Hubungan Internasional (2009-2013)
  • Columbia University, New York, jurusan International Education Development (2013-2014)

c. Prestasi dan Organisasi
  • Sekretaris Jenderal Forum Anak Daerah Sumatera Barat
  • Pendiri Komunitas Anak Kritis Indonesia, 2007
  • Pertukaran pelajar AFS-JENESYS ke Jepang pada tahun 2007
  • Pemimpin Muda Indonesia, oleh Presiden Republik Indonesia dan UNICEF Indonesia, 2008
  • Duta Junior Mondialogo untuk Dialog Antarbudaya 2008 oleh DAIMLER dan UNESCO
  • Pemenang Youth Achiever Recognition Award (bersama 9 orang lainnya)
  • Salah seorang pendiri dan Presiden Indonesian Future Leader, 2009
  • Peserta G20 Summit 2010, Toronto
  • Penerima beasiswa penuh Winter Course Program, Study of US for Student Leaders on Religious Pluralism di Amerika Serikat.
  • Mewakili Indonesia pada British Council Global Changemakers di Inggris, 2010
  • Juara I Microsoft Bloggership Competition, 2011
  • Penerima Global Teen Leaders oleh We Are Family Foundation 2011 di New York, Amerika Serikat
  • Duta Muda ASEAN Indonesia pada 2011
  • ASEAN Youth Award 2011 di Singapura
  • Penggagas Direktur Program Parlemen Muda Indonesia
  • Mahasiswa Berprestasi Nasional 2012
  • Penerima nominasi Kick Andy Heroes 2011
  • Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional 2012
  • Penerima Riady Scholar 2013
  • Global Shapers of World Economic Forum 2013
  • WISE Learners Fellow 2013 oleh Qatar Foundation
  • Global Laureate Education Fellow di Amerika Serikat pada 2015
  • UNICEF Young Innovator to Watch pada 2015
  • Co Founder dan CEO Ruangguru.com
  • Dewan Penasehat Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB)
  • Peserta Google Launchpad Accelerator di Silicon Valley, 2016
  • Forbes 30 Under 30 Asia, Bidang Consumer Technology, 2017

d. Sisi Positif Tokoh
  • Jiwa sosial tinggi sejak masih kecil
Jiwa sosialnya yang tinggi muncul sejak kecil, ketika ia meluncurkan sebuah organisasi nirlaba pertamanya di usia 10 tahun. Organisasi itu bertujuan mengajar teman sebaya tanpa memungut biaya.
  • Kepeduliaannya terhadap dunia pendidikan
Keyakinan Iman Usman yang kuat bahwa pendidikan merupakan kendaraan mencapai impian sekaligus keterbebanannya terhadap kondisi pendidikan di Indonesia membuatnya mendirikan sebuah Edtech, Ruangguru.com.
  • Learn, Earn, Return
Tiga prinsip yang dipegang oleh Muhammad Iman Usman. Belajar lebih awal agar memperoleh hasil lebih awal tak peduli gagal ataupun berhasil. Kemudian mengembalikan ilmu yang didapat kepada sekelilingnya.


2. Peran Saya Sebagai Pemuda
  • Lingkungan Keluarga
Dalam lingkungan keluarga, saya ingin menjadi contoh yang baik bagi adik-adik saya, dapat menjadi seseorang yang dapat diandalkan oleh adik-adik saya, menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, dan dapat membanggakan orang tua. Sebagai pemuda saya juga berusaha menjadi anak yang patuh, hormat, dan sayang kepada anggota keluarga yang lain.
  • Lingkungan Masyarakat
Dalam lingkungan masyarakat, saya berusaha menjadi pemuda yang patuh pada tata tertib di masyarakat, saling menjaga kerukunan dan ketentraman, saling tolong menolong, dan saling menghormati perbedaan antarsesama.
  • Dalam bernegara
Sebagai pemuda di Indonesia, saya ingin mengangkat dan mengharumkan Indonesia dengan memainkan peran sebagai mahasiswi yang menanamkan dan mengembangkan komitmen untuk membangun negara.



Saya berharap seluruh pemuda di Indonesia dapat menjadi generasi muda yang memiliki semangat membawa perubahan yang positif untuk kehidupan yang lebih baik lagi.

Sekian dan terima kasih...



Referensi:

Komentar

Postingan Populer