KOMPUTER BISNIS DAN USAHA - TUGAS KELOMPOK PTSI 1C
Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi semakin pesat dari waktu ke
waktu. Salah satunya adalah teknologi internet yang tanpa sadar telah kita
nikmati dalam kehidupan sehari-hari. Karena saat ini, internet lebih fleksibel
dan dapat digunakan semua orang dalam berbagai keperluan, yang salah satu
contohnya yaitu dalam perdagangan. Saat ini banyak masyarakat yang tertarik
dalam bisnis online atau e-business (termasuk ke dalam e-commerce) karena
dengan keuntungan yang besar, jangkauan yang lebih luas, dan lebih menghemat
waktu dalam berjualan. Salah satu perusahaan yang melakukan bisnis online
adalah Tokopedia.
Tokopedia merupakan salah satu toko online terbesar di
Indonesia. Pada Tokopedia banyak produk yang dijual untuk kebutuhan
sehari-hari, dimulai dari barang yang kecil sampai barang yang besar. Tapi
sebelum dijelaskan ke Tokopedia, sebaiknya kita mengetahui apa itu e-commerce.
Apa itu E-Commerce?
Perdagangan elektronik (electronic
commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya.
Industri teknologi informasi melihat
kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis yang
berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik,
SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau
pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data
interchange/EDI), dll.
Adapun model-model E-Commerce di Indonesia, yaitu:
- Iklan Baris, merupakan salah satu bentuk e-commerce yang tergolong sederhana, sebagai evolusi dari iklan baris yang biasanya ditemui di koran-koran ke dalam dunia online. Penjual yang menggunakan sosial media atau forum untuk beriklan, biasanya tidak bisa langsung menyelesaikan transaksi pada website yang bersangkutan. Namun penjual dan pembeli harus berkomunikasi secara langsung untuk bertransaksi. Contoh: OLX.co.id.
- Retail, merupakan jenis e-commerce yang di mana semua proses jual-beli dilakukan melalui sistem yang sudah diterapkan oleh situs retail yang bersangkutan. Kegiatan jual-beli di retail relatif aman, namun biasanya pilihan produk yang tersedia tidak terlalu banyak (fokus ke satu-dua kategori produk). Contoh: Zalora, dan Lazada.
- Marketplace, dianggap sebagai penyedia jasa mall online, namun yang berjualan bukan penyedia website, melainkan anggota-anggota yang mendaftar untuk berjualan di website marketplace yang bersangkutan. Umumnya menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk setiap transaksi yang terjadi, seperti sistem pembayaran escrow (biasa disebut rekening bersama). Jadi setiap terjadi transaksi di dalam sistem marketplace, pihak marketplace akan menjadi pihak ketiga yang menerima pembayaran dan menjaganya hingga produk sudah dikirimkan oleh penjual dan diterima oleh pembeli. Setelah proses pengiriman selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke pihak penjual. Contoh: Tokopedia.
Manfaat apa saja yang didapat dari E-Commerce?
1. Bagi pemilik usaha:
Manfaat yang didapatkan oleh pemilik usaha dengan adanya e-commerce adalah:
- Penjualan global. Pemilik usaha dapat menjual produk mereka kepada consumer yang lebih banyak.
- Pengurangan infrastruktur perusahaan. Pemilik usaha tidak perlu membuka banyak cabang penjualan ataupun distribusi.
- Pengurangan biaya perusahaan dan meningkatkan keuntungan bersih. Pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebih dalam menyediakan banyak toko serta pegawai yang banyak. Hal ini akan meningkatkan keuntungan dengan menurunkan biaya operasional perusahaan.
- Pengurangan harga produk. Harga barang dapat ditekan semurah mungkin, sehingga konsumen lebih tertarik membeli dan jangkauan juga semakin luas dari berbagai lapisan masyarakat.
2. Bagi Konsumen
Manfaat yang didapatkan oleh
konsumen dengan adanya e-commerce adalah:
- Belanja 24/7. Pembelian 24 jam selama 7 hari atau non-stop.
- Menghemat waktu. Cukup buka websitenya, cek barang, kemudian pesan, dan barang terkirim.
- Barang/jasa semakin murah. Biaya operasional pemilik usaha berkurang sehingga konsumen mendapat harga yang lebih murah.
- Konsumen mampu membandingkan lebih akurat. Konsumen mampu membandingkan banyak produk sekaligus, tinggal klik pada produk.
- Pembeli lintas wilayah. Mampu membeli barang atau jasa dari luar negara anda tanpa harus ke luar negeri.
TOKOPEDIA
Tokopedia
merupakan salah satu pusat perbelanjan daring di Indonesia yang membawa model
bisnis marketplace. Tokopedia memungkinkan setiap individu, tokoh kecil, dan
brand untuk membuka dan mengelola toko daring. PT
Tokopedia berdiri tanggal 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus
Alpha Edison. Tokopedia resmi diluncurkan ke publik tanggal 17 Agustus 2009.
Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan
internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat. Tokopedia berhasil
meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada
acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc. pada tanggal 11
Desember 2014. Pada 12 Mei 2016, Tokopedia terpilih sebagai Best Company in
Consumer Industry dari Indonesia Digital Economy Award 2016.
Versi awal Tokopedia (2009) menggunakan bahasa pemrograman Perl, database Oracle dan webserver Apache dengan mod_perl. Sekitar tahun 2015, Tokopedia mengganti mesin databasenya dengan PostgreSQL. Selain itu, webserver berganti menggunakan Nginx. Arsitektur platform Tokopedia sudah berganti dari monolitik menjadi berbasis microservices dan sebagian sistem Tokopedia sudah dibangun menggunakan bahasa program Go. Tokopedia juga menggunakan beberapa layanan berbasis cloud, contohnya: S3 (untuk storage) dan Cloudsearch, yang keduanya dari Amazon Web Services.
Berikut adalah beberapa fitur yang ada pada tokopedia
1. TopAds
TopAds adalah sebuah fitur yang di sediakan Tokopedia untuk membantu seller meningkatkan penjualannya dengan mengiklankan produk atau toko seller di tokopedia. Dengan membayar hingga Rp5.000, dapat melakukan promosi produk kapan pun, termasuk di jam-jam ramai. Dengan begitu, toko dan produk berpotensi untuk dilihat serta dibeli oleh lebih banyak pembeli. Iklan yang dipasang akan muncul di:
- Halaman Beranda
- Halaman Katalog Produk
- Halaman Kategori
- Halaman Pencarian Produk
- Halaman Toko Favorit
- Halaman Hot List
- Aplikasi dan Mobile Site
a. Cara mengaktifkan TopAds:
- Login ke toko.
- Silahkan klik ikon pilih TopAds.
- Kemudian isi Kredit TopAds (sesuai dengan keinginan). Caranya klik tombol tambah kredit lalu pilih jumlah kredit TopAds.
- Setelah berhasil melakukan pembayaran dan berhasil diverifikasi oleh Tokopedia (Otomatis), Fitur TopAds sudah bisa digunakan.
b. Manfaat yang didapatkan jika menggunakan TopAds:
- Mampu meningkatkan view produk yang dijual di tokopedia
- Berpotensi meningkatkan penjualan produk di toko(relatif)
- Menambah kunjungan ke toko.
2. Gold Merchant (Fitur Produk Unggulan)
Gold Merchant adalah fitur berbayar yang dapat memberikan kemudahan dalam mengelola toko. Dengan berlangganan Gold Merchant, dapat menikmati beragam fasilitas unggulan yang ada di Tokopedia seperti Statistik Toko, Pemberian Cashback, Cover Toko, Gold Ticket, Bonus Saldo TopAds, dan masih banyak lagi.
a. Fitur Produk Unggulan
Fitur produk unggulan ini merupakan fitur khusus untuk pengguna Gold Merchant. Fitur ini dapat seller gunakan untuk menampilkan maksimal 5 produk unggulannya untuk ditampilkan lebih menonjol pada halaman tokonya.
b. Kegunaan dari Fitur Produk Unggulan
Tampilan produk yang menggunakan fitur produk unggulan akan lebih besar di halaman toko dan akan lebih mencuri perhatian mata pembeli, sehingga dapat membuat pembeli lebih tertarik untuk berbelanja. Harapannya, fitur ini dapat membantu membuat transaksi di toko menjadi lebih meningkat.
c. Cara menggunakan Fitur Produk Unggulan
- Login di akun tokopedia
- Masuk ke halaman daftar produk
- Pilih maksimal 5 produk unggulan yang ingin ditampilkan sebagai produk unggulan.
- Dapat memasukan 1 hingga 5 produk untuk dijadikan produk unggulan. Yang membedakan adalah tampilan pada halaman toko.
3. TopPoints
Cashback TopPoints adalah fitur khusus Gold Merchant untuk memudahkan penjual memberi bonus belanja berupa Cashback ke pembeli. Penjual bisa memilih produk apa saja yang ingin didukung oleh fitur ini dan mengatur jumlah Cashback yang diberikan, berkisar antara 3% hingga 5% dari harga produk.
a. Keuntungan yang akan didapatkan saat menggunakan Cashback TopPoints:
- Menarik lebih banyak pembeli dengan adanya keterangan Cashback pada halaman toko Anda.
- Meningkatkan potensi penjualan toko Anda.
- Membangun hubungan baik ke pembeli dengan cara memberi bonus cashback belanja.
b. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur CashBack TopPoints :
Jika menggunakan Versi Desktop :
- Login ke akun toko
- Klik ikon RUMAH
- Pilih Daftar Produk
- Klik Atur Cashback pada produk yang diinginkan
- Pilih Cashback. Bisa memilih Cashback mulai dari 3% hingga 5%.
- Klik Simpan.
4. JNE Online Booking (JOB)
Sistem JOB merupakan sistem resi otomatis untuk pengiriman melalui JNE. Jadi sebagai penjual tidak perlu memasukkan nomor resi secara manual.
a. Cara mengaktifkan fitur JOB:
Saat ini JOB baru bisa diaktifkan di Tokopedia versi desktop, mobile, dan iOS. Untuk mengaktifkan fitur JOB di Tokopedia versi desktop:
- Login ke akun Tokopedia
- Klik ikon RUMAH , lalu pilih Pengaturan Toko
- Pilih tab Pengiriman
- Di kolom JNE, centang Sistem AWB Otomatis
b. Cara menggunakan fitur JOB saat pengiriman
- Terima pesanan
- Klik ikon SURAT
- Pilih Konfirmasi Pengiriman di menu Penjualan
- Klik pada kolom pesanan Cetak Kode Booking
- Tempelkan kode booking yang sudah di-print pada paket
- Di agen JNE, minta petugas untuk memindai barcode kode booking
- Nomor resi akan masuk secara otomatis ke akun penjual dan pembeli
Pembeli dan penjual juga mendapat kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan Tokopedia, yaitu:
1. Apa saja kelebihan dari Tokopedia?
a. Kelebihan Tokopedia dari sisi penjual:
- Bagian halaman toko dan produk yang sangat minimalis tapi informatif.
- Bagian penambahan daftar produk juga sangat jelas, pilihan kategori lebih bervariasi dan fitur harga grosir.
- Fitur Preorder, untuk produk yang butuh pemrosesan lebih lama, misalnya barang impor.
- Pilihan pengiriman beserta biaya tambahan yang dikenakan.
- Transfer saldo ke rekening sangat cepat, maksimal 4 jam ke empat bank besar.
- Waktu proses pesanan bisa mencapai 5 – 7 hari semenjak invoice masuk, jadi bisa lebih leluasa.
- Walaupun banyak bug, tapi keamanan akun cukup bagus, penggunaan kode OTP sangat diapreasiasi.
b. Kelebihan Tokopedia dari sisi pembeli:
- Tampilan antarmuka baik itu website dan aplikasi begitu simpel, sederhana dan jelas.
- Sering promo gratis ongkir, biasanya selama sebulan.
- Bisa juga beli Tiket kereta, pulsa, paket data dan token listrik.
- Bisa top up saldo tokopedia untuk metode pembayaran lebih cepat dan instan.
- Pilihan metode pembayaran instan sangat lengkap
- Dengan adanya fitur preorder, kesempatan pembeli bisa mendapatkan barang yang memang lama diprosesnya menjadi lebih tinggi.
- Perang harga di Tokopedia secara gak langsung membuat harga produk semakin murah.
- Fitur return gratis ketika barang tidak sesuai, memang berguna terutama untuk produk yang rawan, misalnya fashion, sepatu, helm dll
- Katalog di Tokopedia, sangat membantu terutama untuk produk gadget, walaupun sangat tidak lengkap.
2. Dan apa saja kekurangan dari Tokopedia?
a. Kekurangan Tokopedia dari sisi penjual:
- Baik itu website maupun aplikasinya sering error, mulai dari notifikasi tidak sampai, notifikasi telat hingga lemot.
- Setelah maintenance walaupun hanya beberapa jam, tapi problem nya menyusul hingga 1 – 2 hari, mulai dari foto yang hilang, lemot dan ketidaksesuaian data toko.
- Tidak tersedia pilihan untuk mem-blacklist pembeli.
- Terkadang bisa direpotkan oleh pembeli yang merupakan dropshipper.
- Perang harga terlalu kejam, banting harga hingga hancur-hancuran dan sekaligus memberi peluang kecil untuk laku dengan harga lebih mahal, walaupun cuma selisih beberapa ribu Rupiah saja.
- Gold Merchant sebenernya hanya terkesan lebih eksklusif dan punya tampilan sedikit lebih baik saja, selebihnya peluang barang untuk lebih laku tidak berubah.
- Fitur pengelolaan stok barang yang kurang canggih, ketika ada pembeli yang menunggu pembayaran maka stok tidak otomatis berkurang (Ada kemungkinan sistem ini Error karena belum Siap)
- Tidak tersedia fitur diskon berbatas waktu.
b. Kekurangan Tokopedia dari sisi pembeli:
- Terlalu banyak produk SPAM, produk yang harganya hanya 100 Rupiah
- Dalam pencarian produk, penjual yang tidak aktif pun diikutsertakan.
- Verifikasi pembayaran untuk transfer manual termasuk lama, apalagi saat maintenance.
- Petunjuk cara pembelian yang terlalu simpel, cenderung kurang jelas, terutama bagi pembeli pemula.
- Customer Service yang susah ditelpon ketika ada masalah
- Untuk toko yang reputasi dan statistik transaksi dibawah 90%, pembeli tidak bisa begitu saja percaya bahwa barang yang dijual berstatus ready stok.
- Tidak tersedia pengaturan alamat default untuk pembeli.
- Ukuran gambar produk, baik itu di aplikasi maupun di website termasuk kecil ketika di klik.
- Baik pembeli maupun penjual tidak bisa mengirim kan foto atau link, baik itu melalui diskusi maupun pesan pribadi.
Kesimpulan:
Tokopedia merupakan situs perbelanjaan online dengan layanan gratis dan memiliki tampilan yang dapat dimengerti oleh pembeli dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah penjual untuk meningkatkan keuntungan toko serta menguntungkan juga pada pembeli dengan mendapatkan bermacam-macam diskon dan cashback yang ada. Dengan adanya Tokopedia penjual dapat menjual produk dengan mudah sekaligus dapat mempromosikan tokonya dan Tokopedia mempermudah pembeli untuk berbelanja tanpa harus mengeluarkan tenaga untuk pergi ke toko tujuan.
Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada pada Tokopedia maka disarankan untuk Tokopedia kedepannya meningkatkan lagi layanan dan fitur pada pembeli dan penjual untuk meminimalisir kekurangan yang ada.
Sumber referensi:
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.
Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak.